Jumat, 02 Juli 2010

Final Project ASD-ku

Liburan.. Bosaan.. Tidak ada yang dilakukan..

Mau posting juga bingung mau nge-post apa. Liburan kali ini benar-benar blank, haha. Padahal harusnya banyak yang dikerjakan.

Eeeh.. Jadinya malah curhat. To the point, sebenarnya kali ini saya cuman sekedar ingin share tugas akhir alias final project mata kuliah ter-"cinta"-ku di semester 2, ASD!!! (baca: A-Es-De, Algoritma dan Struktur Data, red)
Final project ini merupakan tugas paling berkesan saya di semester 2 ini, walaupun pada akhirnya ga begitu ngaruh nilainya.. >.< menyebalkaaaan!!
Pembuatan final project ini tentunya bukan saya sendiri yang membuatnya, tetapi berkelompok. Thanks buat Aldo, Aan, dan Mas Pram atas kerja samanya dalam membuat final project ini.



FP (final project) yang akan kami buat ini bertema game, dan memiliki judul “D-05 Mini Golf”. Project ini adalah game sederhana tentang permainan golf mini. game ini akan terdiri dari hole-hole yang menyajikan rintangan yang bervariasi.

Sejak ide untuk membuat FP mini golf ini muncul, kami pun segera mencoba-coba untuk meng-coding-nya dengan menggunakan Visual Studio 2008. Diawali dengan belajar membuat bola, hingga menjadi sebuah program sederhana yang mampu menampilkan bola, dan bola tersebut dapat digerakkan dengan sesuka hati user dengan bantuan kontrol mouse pointer dan tombol klik pada panel.

Bola tersebut pun tidak akan selamanya bergerak, lambat laun bola tersebut akan berhenti. Kami membuatnya se-real mungkin agar bola bisa berhenti secara natural sesuai dengan hukum Gerak Lurus Berubah Beraturan yang pernah kami pelajari di waktu SMA.



Hari demi hari kami terus mengerahkan tenaga mengembangkan program ini. Interface disempurnakan. Layout menu-menu, tampilan awal, hole-hole tiap level, dan tool-tool lainnya kami garap semampu kami. Sistem kompetisi play off ala piala dunia dengan menggunakan tree juga kami tambahkan, sesuai permintaan asisten penguji.

Finally, program ini jadi. Namun sangat banyak kekurangannya. Tapi tak apalah, namanya saja masih belajar. Ini pun merupakan project yang pertama bagi saya. Untuk yang berikutnya saya akan berusaha lebih keras lagi dan menjadi yang lebih baik. Amin.

Sekian posting saya kali ini. Bagi yang ingin tahu program saya seperti apa bisa diunduh di sini (butuh Visual Studio 2008 sebagai debugger). Posting progress-progress mengenai fp ini yang lebih detail juga bisa Anda lihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar